Senin, 21 Agustus 2017

Cara Budidaya Tanaman Anggrek Hidroponik

ZonaTabulampot-Tanaman anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias karena memiliki bunga yang begitu indah, sehingga bisa mempercantik tampilan halaman rumah anda. Tanaman ini biasanya hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Bagi anda yang suka dengan tanaman hias, mungkin tanaman yang satu ini bisa anda tanam di halaman rumah anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menanam tanaman anggrek ini yaitu dengan cara hidroponik. Tanaman hidroponik tidak harus dengan tanaman sayuran, tanaman hias juga dapat ditanam dengan teknik hidroponik.

Cara Budidaya Tanaman Anggrek Hidroponik
Bunga Anggrek

Dengan menggunakan teknik hidroponik, tanaman anggrek akan lebih terlihat sangat bagus dan anda tidak harus menyiramnya setiap hari. Cara penanaman yang mudah dan juga perawatannya yang tidak terlalu rumit, membuat tanaman anggrek banyak dibudidayakan dengan teknik hidroponik. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk budidaya tanaman anggrek secara hidroponik, silahkan disimak baik-baik.

1. Pemilihan Bibit


Cara Budidaya Tanaman Anggrek Hidroponik
Bibit Bunga Anggrek

Pilihlah bibit bunga anggrek yang memiliki kualitas bagus. Dalam memilih bibit bunga anggrek, pastikan tidak ada kerusakan dan cacat dalam bibit bunga tersebut. Anda harus benar-benar teliti dalam pemilihan bibit bunga anggrek, karena akan mempengaruhi hasil bunga yang akan anda dapatkan. Anda dapat membeli bibit bunga anggrek yang berkualitas di toko pertanian atau di toko bunga yang anda disekitar anda.

2. Persiapan Alat Dan Bahan

Setelah mendapatkan bibit bunga anggrek yang anda inginkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Anda dapat menggunakan barang bekas disekitar anda yang sudah tidak terpakai lagi. Alat dan bahan yang perlu anda siapkan antara lain :

  • Pelet tanah liat
  • Nutrisi hidroponik untuk tanaman hias
  • Gelas plastik bekas
  • Paku
  • Tatakan gelas

3. Penanaman

Apabila semua persiapan telah selesai, selanjutnya adalah penanaman. Proses penanaman tanaman anggrek ini sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya :

Cara Budidaya Tanaman Anggrek Hidroponik
Tanaman Bunga Anggrek

  • Lubangi bagian dasar gelas plastik dengan menggunakan paku. Buatlah dua lubang secara sejajar dengan diameter kurang lebih 0,5 cm dan beri jarak antar lubang sekitar 5 cm. Selain bagian dasar gelas, lubangi bagian samping gelas secara melingkar sekitar 5 cm dari dasar gelas.
  • Masukkan media tanam yaitu pelet tanah liat kedalam gelas plastik yang sudah dilubangi tadi. Masukkan sampai setinggi lubang yang anda buat disamping gelas.
  • Tanam bibit tanaman bunga anggrek kedalam gelas dalam posisi tegak.
  • Tutup kembali bibit tanaman anggrek dengan menambahkan lagi pelet tanah liat hingga menutupi akarnya.
  • Letakkan gelas yang sudah berisi tanaman bunga anggrek tadi di atas tatakan gelas.
  • Tambahkan air yang sudah dicampur dengan nutrisi hidrponik kedalm gelas tersebut.
  • Letakkan ditempat yang teduh selama beberapa hari agar bibit tanaman bisa beradaptasi.

4. Perawatan

Bunga anggrek tidak membutuhkan perawatan atau perlakuan yang khusus. Anda hanya perlu memeriksa secara rutin larutan nutrisi yang ada didalam gelas tanaman anggrek. Hal ini dilakukan agar menjaga kelembaban tanaman anggrek yang anda tanam secara hidroponik itu dan tidak layu. Apabila larutan nutrisi telah berkurang, segera tambahkan lagi larutan nutrisi kedalamnya.

Demikian beberapa langkah cara budidaya tanaman anggrek hidroponik yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Cara ini sangat cocok bagi para pemula atau bagi anda yang hanya ingin sekedar menyalurkan hobi anda dan untuk mengisi waktu luang. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan perawatan secara rutin. Selamat mencoba.