Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Membuat Tabulampot Tanaman Strawberry

ZonaTabulampot-Tanaman Strawberry merupakan tanaman yang memiliki buah dengan cita rasa yang menyegarkankan, sehingga buah strawberry sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sebuah makanan maupun minuman. Buah strawberry juga bermanfaat bagi tubuh manusia terutama dalam hal kesehatan dan kecantikan, karena buah ini memiliki berbagai kandungan didalamnya. Buah ini sangat disukai oleh banyak orang, oleh karena itu banyak petani yang mencoba membudidayakan tanaman ini untuk dapat mencukupi kebutuhan buah sehari-hari.

Cara Membuat Tabulampot Tanaman Strawberry
Tabulampot Tanaman Strawberry

Ada berbagai macam cara untuk dapat menanam buah yang menyegarkan ini, salah satunya dengan cara tabulampot. Bagi anda yang mempunyai hobi berkebun tetapi tidak mempunyai banyak ruang, mungkin cara yang satu ini bisa anda lakukan dirumah. Selain dapat menyejukkan halaman rumah anda, tabulampot juga dapat mempercantik tampilan halaman rumah sehingga membuat anda betah untuk bersantai-santai dihalaman rumah anda. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda perhatikan dalam cara membuat tabulampot tanaman strawberry, antara lain :

1. Pemilihan Bibit

Cara Membuat Tabulampot Tanaman Strawberry
Bibit Tanaman Strawberry

Pilihlah bibit yang mempunyai kualitas yang baik. Pastikan bibit yang anda pilih tidak terdapat kecacatan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi dalam proses pertumbuhan tanaman strawberry nantinya. Anda bisa membeli benih tanaman strawberry di toko pertanian  atau di toko tanaman yang ada disekitar anda. Anda juga bisa melakukan pembibitan dengan cara vegetatif yaitu dengan mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman.

2. Persiapan Media Tanam

Setelah mendapatkan bibit yang anda inginkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Untuk media tanamnya anda dapat menggunakan pot, polybag atau wadah bekas yang sudah tidak terpakai yang ada disekitar anda. Selanjutnya campurkan tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, kemudian aduk hingga tercampur dengan rata.

3. Penanaman

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah penanaman. Setelah semua bahan dan media tanam sudah siap, mulailah dengan memasukkan media tanam yang sudah anda persiapkan tadi kedalam pot. Kemudian buatlah lubang ditengah media tanam dan masukkan bibit  atau batang tanaman strawberry kedalamnya. Siram bibit tanaman secukupnya. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban media tanam dan untuk mencukupi kebutuhan air didalam media tanam agar bibit strawberry tersebut dapat tumbuh dengan cepat.

4. Perawatan

Cara Membuat Tabulampot Tanaman Strawberry
Tabulampot Tanaman Strawberry

Proses perawatan tanaman strawberry ini terbilang tidak terlalu sulit karena tidak memerlukan perlakuan khusus untuk merawatnya. Hal-hal yang perlu anda lakukan dalam proses perawatan antara lain :

  • Penyiraman
Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari sebanyak dua kali,terutama pada musim kemarau. Karena tanaman strawberry termasuk tanaman yang tidak tahan dengan kondisi kering. Namun jika masuk dalam musim penghujan, penyiraman dapat dilakukan ketika media tanam terlihat kering.

  • Pemupukkan

Cara Membuat Tabulampot Tanaman Strawberry
Pupuk Anorganik

Setelah bibit tanaman memasuki usia 2 bulan, anda harus melakukan pemupukan untuk mempertahankan daya tumbuh tanaman. Anda bisa menggunakan pupuk organik maupun anorganik sesuai dosis yang sudah ditetapkan. Pada saat pemupukan, hal yang harus anda hindari adalah usahakan agar pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti daun, batang dan buahnya.

  • Pemangkasan
Pemangkasan dapat dilakukan ketika terdapat batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Caranya dengan memotong 1-2 tunas yang ada disekitar tanaman pada masing-masing pohon dan biasanya tunas-tunas yang berada disamping tanaman biasanya merunduk. Tunas yang telah dipotong dapat anda tanam lagi sebagai bibit vegetatif atau bisa anda buang.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit
Anda juga harus memperhatikan keberadaan hama pada tanaman strawberry. Apabila terlihat ada hama yang menempel pada tanaman, segera semprotkan cairan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Jauhkan juga tanaman dari gangguan burung merpati atau burung-burung lainnya yang bisa merusak tanaman strawberry.



Demikian beberapa langkah cara budidaya tanaman strawberry yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Cara ini sangat cocok bagi para pemula atau bagi anda yang hanya ingin sekedar menyalurkan hobi anda dan untuk mengisi waktu luang. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan perawatan secara rutin. Selamat mencoba.