Senin, 14 Agustus 2017

Cara Membuat Tabulampot Tanaman Kelengkeng

Tanaman Tabulampot Kelengkeng-Lengkeng atau biasa disebut juga kelengkeng ini adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Diberbagai negara tanaman ini biasa disebut dengan mata kucing, longan lamyai pa. Tanaman ini masuk kedalam genus Dimocarpus. Pohon tanaman kelengkeng ini bisa tumbuh tinggi mencapai 40 m dan mempunyai diameter batang sampai 1 m. Dan ciri-ciri buah kelengkeng yaitu berbentuk bulat, berwarna coklat kekuningan, kulit buahnya hampir gundul dan berbintil kasar bergantung pada jenisnya. Daging buah yang berwarna putih dan agak bening.

Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng
Tabulampot Kelengkeng

Selain bisa dimakan dalam keadaan masih segar, buah kelengkeng juga bisa dinikmati dalam bentuk kering dan biasanya dijadikan bahan pembuat minuman penyegar. Dan bagi anda yang ingin menanam buah kelengkeng ini tetapi lahan dirumah anda terbatas, maka anda bisa melakukannya dengan cara tabulampot. Cara ini selain bisa menghemat lahan, juga dapat dijadikan sebagai penghias taman di rumah anda. Anda tidak perlu khawatir kalau nanti pot yang digunakan tidak kuat menahan pohon kelengkeng yang terus bertumbuh tinggi dan besar, karena pertumbuhan tanaman ini bisa dikendalikan. Sehingga anda bisa menentukan sendiri berapa ketinggian tanaman tersebut sesuai dengan keinginan anda. Berikut ini adalah cara membuat tabulampot tanaman kelengkeng :

1. Pemilihan Bibit

Langkah pertama yaitu memilih bibit kelengkeng yang akan anda tanam, carilah bibit kelengkeng yang mempunyai kualitas unggul. Selain proses penanam yang mudah, hasil panen yang anda dapatkan nanti juga akan banyak. Sekarang ini sudah banyak yang menjual bibit-bibit yang berkualitas di pasaran.

2. Persiapkan Pot


Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng
Pot Yang Di Perlukan

Yang harus anda lakukan adalah menyiapkan pot yang layak untuk dijadikan tempat menanam. Pot yang bagus memiliki diameter sekitar 50 cm dan memiliki daya tahan yang bagus, sehingga pot tidak mudah rusak. Dan juga pot harus memiliki lubang dibawahnya agar air dapat mengalir dan terhindar dari genangan air yang berlebihan. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan drum bekas yang dibawahnya bisa anda beri lubang kecil-kecil sebanyak 6 lubang.

3. Persiapan Media Tanam

Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng
Media tanam campuran tanah dan pupuk kompos

Media tanam yang digunakan harus sesuai dengan tanaman yang akan ditanam dan harus dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tanaman. Siapkan tanah dan pupuk kandang dan pasir dan kemudian aduk rata semuanya dengan perbandingan 1:1:1. Setelah teraduk rata kemudian bisa anda masukkan kedalam tempat yang sudah anda siapkan tadi.

4. Penanaman

Langkah ini dapat anda lakukan dengan sangat mudah dan sederhana. Apabila anda telah mempunyai bibit tanaman kelengkeng yang memiliki kualitas unggul, maka anda dapat langsung menaruhnya ditengah-tengah pot. Kemudian masukkan media tanam kedalam pot secukupnya hingga akar-akar tanaman kelengkeng tersebut tidak kelihatan lagi.

5. Perawatan

Perawatan tanaman kelengkeng ini merupakan salah satu langkah yang harus anda lakukan secara rutin selama tanaman ini tumbuh dan berkembang. Hal-hal yang harus anda lakukan selama proses perawatan ini antara lain :
  • Penyiraman

Agar kebutuhan air dan kelembaban tanaman terjaga maka proses penyiraman ini sangat perlu dilakukan. Karena tanaman kelengkeng yang terdapat di pot tidak dapat mencari air sendiri, itu disebabkan akarnya yang tidak bisa menjalar keluar dari pot. Anda dapat melakukannya 2 kali sehari sesuai tingkat cuaca yang terdapat di rumah anda.
  • Penyediaan Sinar Matahari

Penempatan tanaman kelengkeng juga mempengaruhi dalam pertumbuhan tanaman itu sendiri. Selain membutuhkan air, tanaman kelengkeng juga memerlukan pasokan sinar matahari yang cukup. Karena sinar matahari sangat berperan penting pada tumbuhan untuk berlangsungnya proses fotosintesis dengan optimal. Untuk penempatannya disarankan di area yang cukup mendapat sinar matahari minimal selama 5 jam per hari.
  • Pemangkasan

Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng
tabulampot kelengkeng yang sudah dipangkas

Tanaman kelengkeng dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 10 m. Oleh karena itu, proses pemangkasan perlu dilakukan untuk menghindari hal tersebut. Anda dapat melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon yang menjulang tinggi dan yang menurut anda dapat mengganggu kegiatan disekitarnya, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan rapi dan rindang serta terhindar dari pertumbuhan tanaman kelengkeng yang terlalu tinggi.

Demikian beberapa langkah cara budidaya tabulampot tanaman kelengkeng yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan perawatan secara rutin. Selamat mencoba supaya anda dapat berkebun sekaligus bisa menghemat pengeluaran belanja anda untuk membeli kebutuhan buah-buahan setiap hari.